Senin, 08 Oktober 2012

RPP matematika

-->



KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Mata Pelajaran          : Matematika
Satuan Pendidikan      : SMA

Kelas/Semester           : XII / Ganjil


Praktikan                    : Erlina Dewi Ratnasari
NIM                            : A410090266

 

























PERENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester          : XII / Ganjil
Alokasi Waktu            : 1 x 25 menit (1 kali pertemuan)
A.    Standar Kompetensi             : 5. Memecahkan masalahyang berkaitan dengan konsep vektor.
B.     Kompetensi Dasar                 : 5. 1. Menggunakan konsep dan sifat-sifat penjumlahan vektor dan perkalian vektor dengan bilangan skalar.
C.    Indikator                                :
1.      Menghitung penjumlahan dari vektor dengan menggunakan sifat penjumlahan vektor.
2.      Menghitung perkalian vektor dengan skalar.
D.    Tujuan Pembelajaran           :
a.       Peserta didik dapat mengingat kembali pengertian vektor, penyajian vektor.
b.      Peserta didik dapat menghitung penjumlahan dari vektor dengan menggunakan sifat-sifat penjumlahannya.
c.       Peserta didik dapat menghitung perkalian vektor dengan skalar menggunakan sifat-sifat perkaliannya.
Karakter siswa yang diharapkan :
Rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, tanggung jawab dan bekerja keras.
E.     Materi Pembelajaran
Sifat penjumlahan vektor dan sifat perkalian vektor dengan skalar.
F.     Metode Pembelajaran
Course Review Horay.
G.    Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, yaitu agar peserta didik dapat menghitung penjumlahan vektor dan perkalian vektor dengan skalar menggunakan sifat-sifat penjumlahan dan perkalian vektor.
Guru memberi motivasi kepada siswa dengan cara menjelaskan kata-kata mutiara yang ditampilkan pada slide powerpoint.
Apersepsi             : Guru mengingatkan kembali materi sebelumnya yaitu tentang pengertian vektordan penyajian vektor.

Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi : guru menyampaikan informasi / materi tentang sifat penjumlahan vektor dan sifat perkalian vektor dengan skalar. (Bahan ajar : buku paket, yaitu buku Matematika, SMA Kelas XII Semester Ganjil, karangan Kurtati,dkk. Hal. 171-180. (nilai yang ditanamkan : rasa ingin tahu, kreatif dan kerja keras).
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi ;
a.       Guru menyajikan materi.
b.      Guru memberikan tanya jawab untuk pemantapan materi.
c.       Guru menyiapkan kertas kosong dan sebuah kotak.
d.      Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 3 anggota.
e.       Setiap kelompok menuliskan 2 nomor yang berbeda dan sembarang kemudian dimasukkan ke dalam kotak.
f.       Guru membacakan soal yang nomornya dipilih secara acak.
g.      Siswa yang memiliki nomor yang sama dengan nomor soal yang dibacakan guru berhak menjawab.
h.      Jika jawaban dari kelompok benar, maka diberi skor dan kelompok harus menyambutnya dengan yel-yel “horey” atau yang lainnya.
i.        Pemberian reward.
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi : guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan tentang sifat penjumlahan vektor dan sifat perkalian vektor dengan skalar.(nilai yang ditanamkan : rasa ingin tahu, kreatif, mandiri dan bekerja keras).
Penutup
a.         Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan : rasa ingin tahu, kreatif, mandiri dan bekerja keras).
b.         Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berupa tugas individu yang berkaitan dengan materi vektor. (nilai yang ditanamkan : mandiri, bekerja keras, tanggung jawab dan kreatif).
H.    Sumber , Media dan Alat Pembelajaran
Sumber :
            Buku paket, yaitu buku Matematika, SMA Kelas XII Semester Ganjil, karangan Kurtati,dkk. Hal. 171-180.
I.       Media dan alat :
Powerpoint , papan tulis, spidol, LCD, kertas dan kotak.
J.      Penilaian
1.      Aspek yang dinilai : kognitif
2.      Jenis Penilaian :
Tes tertulis : kelompok
3.      Bentuk Instrumen :
Uraian singkat
4.      Instrumen :
a.      Soal
SOAL
PILGAN
URAIAN
Soalkelompok :
1.    Diketahui dan . Tentukannilai
adalah
2.    Diketahui dan
, makanilaidari adalah….
Soalindividu :
1.      Diketahui . Tentukannilaidari
2.      Misalkan
Tentukanlahnilaidari

-
Terlampir

b.      Kunci / Pembahasan :
# untuksoalkelompok
1.     

Skor : 1
Diketahui ; dan

Skor : 1
Ditanya ; nilai ?
Jawab ;
                   

Skor : 8
                                    =
                                   =
2.     

Skor : 1

Skor : 1
Diketahui; dan                                       
Ditanya ;                                                                  
Jawab :

Skor : 8
                   
                   




















Skor : 1
# untuksoalindividu
1.       

Skor : 1
Diketahui:
Ditanya:
Jawab :

Skor : 8
                     = 2 ( 3i - j + 2k) + (-i + 2k)
                                = (6 i - 2j+ 4k) + (-I + 2k)
                                =  5i - 2j + 6k 

Skor : 1

Skor : 1
2.Diketahui: 
Ditannya :
Jawab :

Skor : 8
                          
3.       Skor
Untukkelompok : N1
-          Skor max  = 10
-          Skor min   = 0
Untukindividu : N2
-          Skor max  = 20
-          Skor min   = 0

4.       Nilai  =
    




                                                                                          Surakarta, ………………………………….



Dosen Pembimbing / Supervisor,                                                       Praktikan,





(………………………………………………..)                                           (…………………………….)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar