KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
|
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Mata Pelajaran : Matematika
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Praktikan : Erlina
Dewi Ratnasari
NIM : A410090266
|
PERENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : XII / Ganjil
Alokasi
Waktu : 1 x 25 menit (1 kali
pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi :
5. Memecahkan masalahyang berkaitan dengan konsep vektor.
B.
Kompetensi
Dasar : 5.
1. Menggunakan konsep dan sifat-sifat penjumlahan vektor dan perkalian vektor dengan
bilangan skalar.
C.
Indikator
:
1. Menghitung
penjumlahan dari vektor dengan menggunakan sifat penjumlahan vektor.
2. Menghitung
perkalian vektor dengan skalar.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
a. Peserta
didik dapat mengingat kembali pengertian vektor, penyajian vektor.
b. Peserta
didik dapat menghitung penjumlahan dari vektor dengan menggunakan sifat-sifat
penjumlahannya.
c. Peserta
didik dapat menghitung perkalian vektor dengan skalar menggunakan sifat-sifat
perkaliannya.
Karakter siswa yang
diharapkan :
Rasa
ingin tahu, kreatif, mandiri, tanggung jawab dan bekerja keras.
E.
Materi
Pembelajaran
Sifat penjumlahan
vektor dan sifat perkalian vektor dengan skalar.
F.
Metode
Pembelajaran
Course Review Horay.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan
Pendahuluan
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, yaitu agar peserta didik dapat menghitung
penjumlahan vektor dan perkalian vektor dengan skalar menggunakan sifat-sifat
penjumlahan dan perkalian vektor.
Guru
memberi motivasi kepada siswa dengan cara menjelaskan kata-kata mutiara yang
ditampilkan pada slide powerpoint.
Apersepsi : Guru mengingatkan kembali materi sebelumnya yaitu
tentang pengertian vektordan
penyajian vektor.
Kegiatan
Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi : guru
menyampaikan informasi / materi tentang sifat penjumlahan vektor dan sifat
perkalian vektor dengan skalar. (Bahan ajar : buku paket, yaitu buku Matematika,
SMA Kelas XII Semester Ganjil, karangan Kurtati,dkk. Hal. 171-180. (nilai
yang ditanamkan : rasa ingin tahu, kreatif dan kerja keras).
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi ;
a. Guru
menyajikan materi.
b. Guru
memberikan tanya jawab untuk pemantapan materi.
c. Guru
menyiapkan kertas kosong dan sebuah kotak.
d. Siswa
dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 3 anggota.
e. Setiap
kelompok menuliskan 2 nomor yang berbeda dan sembarang kemudian dimasukkan ke
dalam kotak.
f. Guru
membacakan soal yang nomornya dipilih secara acak.
g. Siswa
yang memiliki nomor yang sama dengan nomor soal yang dibacakan guru berhak
menjawab.
h. Jika
jawaban dari kelompok benar, maka diberi skor dan kelompok harus menyambutnya
dengan yel-yel “horey” atau yang lainnya.
i.
Pemberian reward.
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi : guru dan
siswa bersama-sama menyimpulkan tentang sifat penjumlahan vektor dan sifat
perkalian vektor dengan skalar.(nilai
yang ditanamkan : rasa ingin tahu, kreatif, mandiri dan bekerja keras).
Penutup
a.
Peserta didik dan guru
melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan : rasa ingin tahu, kreatif, mandiri dan bekerja keras).
b.
Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR) berupa tugas individu yang berkaitan dengan materi vektor.
(nilai yang ditanamkan : mandiri,
bekerja keras, tanggung jawab dan kreatif).
H.
Sumber
, Media dan Alat Pembelajaran
Sumber
:
Buku
paket, yaitu buku Matematika, SMA Kelas XII Semester Ganjil, karangan
Kurtati,dkk. Hal. 171-180.
I.
Media
dan alat :
Powerpoint , papan
tulis, spidol, LCD, kertas dan kotak.
J.
Penilaian
1.
Aspek
yang dinilai : kognitif
2.
Jenis
Penilaian :
Tes
tertulis : kelompok
3.
Bentuk
Instrumen :
Uraian
singkat
4.
Instrumen
:
a.
Soal
SOAL
|
PILGAN
|
URAIAN
|
Soalkelompok
:
1.
Diketahui
2.
Diketahui
Soalindividu
:
1.
Diketahui
2.
Misalkan
Tentukanlahnilaidari
|
-
|
Terlampir
|
b.
Kunci
/ Pembahasan :
#
untuksoalkelompok
1.
Diketahui ;
dan
Skor : 1
|
Skor : 1
|
Skor : 8
|
=
2.
Diketahui;
dan
Skor : 1
|
Skor : 1
|
Skor : 8
|
Skor : 1
|
1.
Diketahui:
Skor : 1
|
Skor : 8
|
=
(6 i - 2j+ 4k) + (-I + 2k)
= 5i - 2j + 6k
Skor : 1
|
Skor : 1
|
Skor : 8
|
3. Skor
Untukkelompok : N1
-
Skor max = 10
-
Skor min = 0
Untukindividu : N2
-
Skor max = 20
-
Skor min = 0
4. Nilai =
Surakarta,
………………………………….
Dosen Pembimbing / Supervisor, Praktikan,
(………………………………………………..)
(…………………………….)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar